HALAMAN

  • Fasilitas

    Lingkungan sekolah adalah salah satu kesatuan lingkungan fisik, mental dan sosial dari sekolah ang memenuhi syarat-syarat kesehatan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dengan baik dan menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan murid secara optimal.

                Faktor lingkungan sekolah dapat mempengaruhi proses belajar mengajar, juga kesehatan warga sekolah. Kondisi dari komponen lingkungan sekolah tertentu dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Salah satunya, ketersediaan tempat cuci tangan.

                Tangan yang kotor berpotensi menularkan penyakit. Kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun mampu menurunkan kejadian penyakit diare 30%. Tersedianya tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun bertujuan untuk menjaga diri dan melatih kebiasaan cuci tangan dengan sabun sebelum belajar, sebelum makan, atau sesudah buang air besar merupakan salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Berdasarkan ketentuan Departemen Kesehatan maka setiap 2 (dua) ruang kelas harus terdapat satu wastafel yang terletak di luar ruangan kelas.

                Kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat mempengaruhi terjadinya penularan dan penyebaran penyakit. Sekolah merupakan tempat pembelajaran bagi peserta didik untuk membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat., untuk menurunkan resiko terkena penyakit tertentu.

                Beberapa perilaku hidup bersih dan sehat itu antara lain, tidak merokok, buang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan diri, mencuci tangan pakai sabun, membersihkan sarana prasarana sekolah termasuk salah satunya membersihkan wastafel-wastafel yang ada di lingkungan SMA Negeri 3 Kota Sukabumi.

                Membersihkan wastafel di lingkungan SMA Negeri 3 Kota Sukabumi merupakan salah satu kegiatan yang sudah direncanakan dalam program UKS Usaha Kegiatan Sekolah tahun ajaran 2006. Walaupun baru pertama kali dilakukan, namun kegiatan ini dapat dikatakan berhasil berkat kerjasama dan kerja keras seluruh pengurus UKS dan Koordinator Satgas Kebersihan Wastafel dari perwakilan  kelas.

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA