BERITA

  • GRAND LAUNCHING GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)

    GRAND LAUNCHING GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)

    CUACA cerah di Kota Sukabumi, mewarnai pembukaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kegiatan yang berlangsung di halaman Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Sukabumi, merupakan bagian untuk memerangi berita hoak.

    Kegiatan yang dipusatkan di SMAN 3 Kota Sukabumi tidak hanya  dihadiri Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi. Tapi dihadiri juga kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sukabumi,  kemudian dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, lalu Ketua Komite SMAN 3 Sukabumi.

    "Tujuan adanya gerakan literasi sekolah tidak hanya diharapkan menjadi budaya dan kebiasaan. Tapi menjadi salah satu kebutuhan  bagi semua warga sekolah," kata Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3, Kota Sukabumi,  Drs.H Agus Indrayana.

    Agus Indrayana mengatakan literasi merupakan bagian dari kemampuan individu untuk mengolah dan memahami informasi dari keterampilan bahasa, tulis, dan lisan.

    "Sekolah  sebagai rujukan dapat mendorong membudayakan GLS. Kegiatan tersebut, dikemas  dalam berbagai kegiatan, diantaranya  Rabu Baca, Literasi Sehat, dan Jumat Baca serta Pojok Baca dan Pohon Geulis yang terdapat di setiap kelas," katanya.

    Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan  literasi menjadi budaya  dan dinikmati seluruh warga di sekolah.  Apalagi  dengan perkembangan teknologi literasi bisa dilakukan dengan gawai atau gadget. 

    "Pemanfaatan teknologi, maka literasi dapat di lakukan  dalam keseharian. Dengan pemanfaatan literasi akan terus ditanamkan kepada generasi muda," katanya.

    Fahmi mengatakan upaya pemerintah untuk membudayakan gerakan literasi  dengan menggelar berbagai mengadakan pojok baca disetiap ruang terbuka publik. 

    Peresmian pembukaan GLS dimeriahkan penampilan kreasi seni tari dari kelas 12 MIPA 1 sampai 12 MIPA 4,  diisi  pengangkatan duta baca SMAN3 Sukabumi. 

    " Kami berharap  warga sekolah khusus nya siswa dapat meningkatkan minat bacanya. Terutama menjadi masyarakan yang literat dan GLS selalu dilaksanakan dan dikembangkan dari generasi ke generasi," katanya.

     

     

     

    Jurnalis;Pujangga

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks