HALAMAN

  • Peer Counselor

    BAB I

    PENDAHULUAN

     

    1. Dasar Pemikiran

    Masa remaja merupakan masa terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. Remaja merupakan kelompok yang unik dengan kebutuhan yang khas, yaitu kebutuhan untuk mengenal jati dirinya. Remaja juga mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan untuk memenuhi kebutuhan akan mengenal jati diri dan memenuhi rasa ingin tahunya, remaja cenderung menyukai petualangan dan tantangan serta berani menanggung resiko atas perbuatannya. Hal tersebut sering kali tanpa didahului pertimbangan yang matang yang akhirnya dapat mendorong remaja ke arah perilaku yang menimbulkan berbagai masalah.

    Pendidikan merupakan proses menuju kedewasaan. Pendidikan bukan hanya proses transfer of knowledge atau  transfer of skill saja akan tetapi juga merupakan transfer of value,  dimana dalam pelaksanaan pendidikan siswa diberikan juga kesiapan diri dalam aspek fisik maupun mental dalam menghadapi tantangan masa depannya. Proses pendidikan  tersebut dapat diberikan pihak sekolah melalui berbagai cara

    Saat seorang remaja mendapatkan masalah, mereka pada umumnya lebih banyak sharing atau curhat kepada teman sebayanya daripada kepada orangtua atau guru (termasuk guru pembimbing/konselor sekolah). Hal ini disebabkan para remaja tahu persis lika-liku masalah tersebut dan lebih spontan dalam mengadakan kontak. Kesamaan usia menimbulkan keeratan, keterbukaan dan perasaan senasib muncul.

    Ada banyak remaja yang menyukai hal-hal yang baru dengan terus meningkatkan wawasan dan pengetahuannya, ada pula remaja yang peduli terhadap temannya yang lain dengan menunjukkan sikap membantu terhadap teman-temannya. Kondisi ini dapat menjadi peluang bagi upaya memfasilitasi perkembangan remaja (siswa) di sekolah. Peer Counselor (konselor sebaya) dapat dikembangkan untuk membantu temannya yang menghadapai masalah dan dapat membantu guru pembimbing atau konselor di sekolah dalam menjalankan tugasnya.

    Untuk itu tim Bimbingan dan Konseling SMAN 3 Sukabumi bersama Unit Kesehatan Sekolah merasa perlu untuk mengembangkan Konselor sebaya. Konselor sebaya bukanlah konselor profesional atau ahli terapi. Konselor sebaya yaitu remaja (siswa) yang memberikan bantuan kepada siswa yang lainnya dibawah bimbingan dari guru pembimbing/konselor di sekolah.

    Sesuai dengan kemampuannya, konselor sebaya diharapkan mampu menjadi sahabat yang baik. Ia minimal menjadi pendengar yang baik bagi temannya yang membutuhkan perhatian. Selain itu ia juga mampu menangkap ungkapan, pikiran dan emosi di balik ekspresi verbal maupun non verbal, berempati tulus, dan bila memungkinkan mampu memecahkan masalah sederhana tersebut.

     

    1. Tujuan
    1. Mengembangkan rasa ingin tahu siswa dengan mengenalkan pada kegiatan-kegiatan yang positif yang ada di sekolah, khususnya Usaha Kesehatan Sekolah,
    2. Mengembang minat siswa untuk membantu terhadaap sesama melalui kegiatan konselor sebaya,
    3. Konselor sebaya diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung antara guru pembing/konselor di sekolah  dengan siswa yang tidak sempat berjumpa dengan konselor.

     

    1. Manfaat

    Dengan adanya konselor sebaya, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa di sekolah yang memiliki masalah sehingga menjadi lebih terbuka dan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Untuk konselor sebayanya sendiri, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat :

    1. Menambah wawasan khususnya tentang kesehatan remaja,
    2. Menambah teman melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Usaha Kesehatan Sekolah,
    3. Dapat belajar dari pengalaman teman yang memiliki masalah dengan mengambil hikmahnya,
    4. Dapat ikut membantu teman yang sedang mempunyai masalah.

     

     

    1. Sasaran

    Sasaran kegiatan konselor sebaya ini adalah seluruh siswa SMAN Negeri 3 Kota Sukabumi tahun pelajaran 2016-2017

     

    1. Tahap Kegiatan

    Tahapan kegiatan konselor sebaya ini adalah sebagai berikut :

    1. Pembentukan tim konselor sebaya
    2. Menyusun program
    3. Menyiapakan sarana dan prasarana
    4. Sosialisasi tentang konselor sebaya
    5. Layanan konseling sebaya
    6. Alih tangan kasus
    7. Pembinaan dan pengembangan tim konselor sebaya
    8. Evaluasi program
    9. Evaluasi pelaksanaan program

     

    1. Hasil Penilaian

    Hasil penilaian kegiatan konselor sebaya yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut :

    1. Pelaksanaan kegiatan konselor sebaya pada tahun 2016-2017 telah berjalan dengan baik (Penilaian Proses) dan siswa yang memalkukan konseling mengakui telah merasakan manfaatnya.
    2. Konselor sebaya telah dibagi jadwwal piket dan telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
    3. Konselor sebaya bertugas pada jam istirahat pertama pukul 10.00-10.30 WIB dan pada jam istirahat kedua pukul 12.00-12.45 WIB
    4. Kegiatan konseling dilaksanakan konselor sebaya diawasi oleh guru pembimbing atau konselor.
    5. Masalah yang tidak dafat ditangani oleh konselor sebaya dialihtangankan kepada pembimbing atau konselor di sekolah atau pada pihak lain yang memiliki kewenangan pada bidangnya.
    1. Faktor Penunjang dan Hambatan
    1. Faktor penunjang kelancaran kegiatan konselor sebaya adaah berikut ini :
    • Sarana dan prasana ruangan yang memadai
    • Dukungan yang penuh dari pimpinan dan seluruh civitas akademik SMAN 3 Sukabumi
    • Dukungan dari pihak dinas terkait yaitu dinas kesehatan melalui puskesmas melalui pembinaan dan kegiatan lainnya.
    1. Faktor penghambat kegiatan kegiatan adalah sempitnya waktu piket konselor sebaya

     

    1. Rekomendasi

    Untuk meningkatkan partisipasi dari siswa SMAN 3 Sukabumi, kegiatan konselor sebaya yang akan datang diharapkan dilakukan proses sosialisasi yang lebih intens dan gebyar kepada seluruh civitas akademik SMAN 3 Sukabumi. Selain itu perlu dikembangkan konseling melalui sosial media agar waktu layanan konseling sebaya yang singkat dapat ditambah melalui media tersebut. Dan untuk meningkatkan kemampuan konselor sebaya dalam membantu teman-temannya  diharapkan pembinaan secara berkala baik secara internal maupun eksternal

     

    Sukabumi, Juli 2017

    Pembimbing,                                                                           Ketua Konselor Sebaya,

     

     

     

    Heti Herawati, S.Pd                                                                Fatiya Ulfa

    NIP. 197602082005012008

     

     

    Mengetahui,

    Ketua  Pembina UKS

     

     

     

     

    Hamzah Triana, S.Pd

    NIP. 19770502 200312 1006

     

     

     

     

     

    i

    NIP. 19770502 200312 1006

    TIM KONSELOR SEBAYA

     

     

    1. Personil
    1. Pembimbing                         : Rini Restu Handayani, M.Pd
    2. Konselor Sebaya

    Ketua : Rina Rahmawati

    Wakil ketua: Axel Arkenzo

    Sekretaris:

    1. Stephanny Mahendra Putri

    2. Herra Tiara

    Anggota:

    1. Dea Dian Nurhikmah

    2. Maria Ulfah

    3. Gina Oktavia

    4. Derinda

    5. Fatiana

    6. Tika Warisman

    7. Hanifah Nurfauziah

    8. Salma Apriliani

    9. Siti Syadzia Alia

    10. Ica Deriza

    11. Aulia Alifeira

    12. Sultan Salahudin

     

     

                                                                                                   

     

     

     

     

    REKAP CATATAN KONSELING TAHUN 2015-2016

     

    No

    Bulan

    Jumlah konseli yang dilayani

    Keterangan

    1

    Agustus

    1

     

    2

    September

    7

    2 kasus dirujuk ke BK dan 1 ke kesiswaan

    3

    Oktober

    19

    2 kasus dirujuk ke BK dan 6 kasus ke PKPR

    4

    November

    5

     

    5

    Januari

    2

     

    6

    Februari

    2

     

    7

    Maret

    2

     

    8

    April

    2

     

    9

    Mei

    2

     

    10

    Juni

    1

     

    11

    Juli

    1

     

     

     

     

     

    Sukabumi, Juli 2016

    Pembimbing,                                                                           Ketua Konselor Sebaya,

     

     

     

    Rini Restu Handayani, M.Pd                                                  Rina Rahmawati

    NIP. 19780401 200312 2005

     

     

    Mengetahui,

    Ketua  Pembina UKS

     

     

     

     

     

    Eris Rustandi, M.Pd., M.Si

    NIP. 19770502 200312 1006

     

     

     

     

    PEMBENTUKAN TIM DAN PENYUSUNAN PROGRAM

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    PEMBINAAN INTERNAL

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    PEMBINAAN DARI PUSKESMAS

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA